Contoh Pidato Tentang Politik Indonesia

Contoh Pidato Tentang Politik Indonesia - Naskah Pidato Tentang Politik sudah banyak sekali. Contoh Pidato ada yang bertemakan Politik, Kenakalan Remaja dan masih banyak lagi. Pidato tentang Politik juga sangat bermacam-macam. Contoh Pidato Mengenai Politik yang akan saya bagikan dibawah ini merupakan Pidato Tentang Politik.

Naskah Pidato, Teks Pidato Tentang Politik
PANCASILA

Judul Pidato : Kiat Memilih Wakil Rakyat Yang Amanah dan Bertanggung Jawab

Selamat Pagi Semua
Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita diberi kesehatan dapat berkumpul dipagi hari yang cerah ini.

Yang saya hormati Ibu Jumiati selaku guru pembimbing serta teman-teman yang saya sayangi. Pada kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Kiat Memilih Wakil Rakyat Yang Amanah dan Bertanggung jawa.

Berbagai iklan politik, baik above the line maupun below the line, hampir tiap saat menteror kita untuk mau memilihnya. Sayangnya, kita seringkali dihadapkan pada kenyataan akan miskinnya informasi dan referensi tentang figur-figur calon wakil rakyat tersebut. Alhasil, kita pun terserang stigma ambigu dan dualisme antara memilih dan tidak memilih.

Nah, agar tidak terjebak dalam ambiguitas dan skeptisisme, berikut ini ada Tips Cerdas untuk memilih para wakil rakyat, yang akan membawa Anda pada kemantapan pada pilihan.

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan para hadirin semua yang saya banggakan,
Sekali salah dalam memilih wakil kita maka 5 tahun kita menjadi korban. Bisa jadi ketika berkampanye mereka begitu manis mengumbar janji namun setelah jadi lupa segala yang diomongkannya. Bahkan kepada tim suksesnya pun lupa. Sungguh tidak tahu balas budi. Ia hanya mementingkan perut dan keperluannya sendiri. Karenanya jangan sampai kita salah memilih wakil kita nanti.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memilih wakil kita jangan sampai salah keputusan, antara lain :
Riset dan selidiki track record caleg pilihan Anda. Cek di internet, apa saja yang sudah ia katakan, lakukan, latar belakang pribadi, pendidikan, prestasinya, atau afiliasi kelompok atau politiknya. Kalau sudah terkenal biasanya ia punya website/blog pribadi, sehingga kita akan mudah mendapatkan data dan informasi yang cukup tentang caleg itu.

Tapi kalau ia tidak pernah atau jarang bersentuhan dengan dunia media, baik cetak, elektronik, maupun internet, lakukan secara offline. Memang butuh waktu ekstra, misalnya dengan bertanya2 kepada tetangga yang tinggal di sekitar rumahnya, temantemen sekolahnya, koleganya, atau bahkan pesaing-pesaingnya.

Kalau ada kesempatan, ajak si caleg berdiskusi secara langsung. Mulailah dari tematema yang menjadi concern-nya (Dapat Anda lihat dari poster, spanduk, dan atributkampanyenya yang lain—yang seringkali hanya slogan tanpa konsep), hingga berkaitandengan isu-isu yang menjadi kepentingan Anda sendiri. Misalnya, soal perekonomian dan kesejahteraan umat, harga BBM dan lain-lain.

Pastikan juga dalam proses di atas, apakah ia orang yang FAST (fathanah, amanah, shiddiq, tabligh), atau tidak, dan lain-lain. Gagasan dari caleg yang layak pilih adalah gagasan yang rasional dan mencerdaskan, mendewasakan, dan dapat dipertanggungjawabk an. Ia tidak menawarkan pembagian uang, tidak merendahkanmartabat orang lain dengan black campaign, serta tidak memberi janji surga yangmengecewakan di kemudian hari. Setelah itu, simpulkan dari situ apakah ia layak pilih atau tidak.

Setelah cukup yakin dengan pilihan Anda, lebih jauh lakukan “kontrak politik”dengan caleg pilihan Anda. Buat komitmen permanen, untuk jangka pendek maupunjangka panjang. Bentuknya bisa berbentuk lisan maupun tertulis, bersama-sama atausendiri. Isinya bisa apa saja, apakah berupa janji kalau ia terpilih menjadi wakil rakyat, ia akan memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan umat/rakyat. Dan lain–lain.

Meski proses kampanye sudah berlangsung, tidak ada kata terlambat untuk mencari tahu. Buatlah daftar para caleg yang ada di tempat Anda. Segera lakukan tips di atas. Semakin banyak Anda tahu dan mengumpulkan informasi valid tentang para caleg itu, maka itu semakin baik untuk penentuan caleg pilihan Anda.

Semoga apa yang saya uraikan tadi dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan semoga kita diberikan wakil-wakil rakyat yang amanah, bertanggung jawab, punya nurani dan berpihak kepada kebenaran. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Selamat Pagi

Artikel yang saya bagikan diatas adalah Contoh Teks Naskah Pidato Tentang Politik yang dapat saya bagikan kepada pengunjung blog Info Online.

Download Cepat via UC Browser
Download UC Browser
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bahasa Indonesia / Pendidikan dengan judul Contoh Pidato Tentang Politik Indonesia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bassombear.blogspot.com/2013/10/contoh-pidato-tentang-politik-indonesia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: wisonirgmailcom - Selasa, 08 Oktober 2013

1 Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Politik Indonesia"